EDUKASI KESEHATAN BAGI IBU DAN CALON IBU SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN MASALAH STUNTING DI DESA JATIADI KECAMATAN GENDING KABUPATEN PROBOLINGGO

  • Mutinda Teguh Widayanto

Abstract

Upaya pemerintah untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat perlu didukung oleh semua pihak. Keinginan untuk menciptakan Generasi Unggul hanya dapat dicapai jika masyarakat mempunyai derajat kesehatan yang bagus. Salah satu permasalahan di bidang kesehatan adalah masih tergolong tingginya angka stunting di Indonesia. Stunting adalah kegagalan seorang anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal disebabkan dampak dari kekurangan gizi secara kumulatif dan terus menerus. Atau masalah gizi kronis yang mana keuarga dan masyarakat belum merasa bahwa ini adalah masalah, hal ini dikarenakan belum banyak yang mengetahui penyebab, dampak dan pencegahannya. Pemerintah pusat hingga daerah secara bersama-sama berusaha untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pemerintah Daerah Kabupaten Probolinggo juga mengupayakan agar dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan berbagai kebijakan yang ditempuh. Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Panca Marga Probolinggo yang ditempatkan di Desa Jatiadi, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo mencoba ikut berperan serta dalam pencegahan masalah stunting melalui kegiatan Edukasi Kesehatan bagi Ibu dan Calon Ibu sebagai upaya Pencegahan Masalah Stunting di Desa jatiadi, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, yang ditujukan bagi Ibu yang mempunyai balita dan ibu yang sedang hamil. Diharapkan dengan kegiatan ini pemahaman masyarakant tentang kesehatan dapat meningkat dan penderita stunting dapat berkurang, sehingga keinginan untuk mewujudkan masyarakat sehat cerdas dan unggul dapat dicapai.

Author Biography

Mutinda Teguh Widayanto

Jurnal Abdi Panca Marga merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat secara luas. Jurnal ini dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Panca Marga Probolinggo. Terbitan berkala dari jurnal ini adalah dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan April dan bulan Oktober.

Published
2019-11-18