MANGAN LINJO “KADEMANGAN LINGKUNGAN IJO” UPAYA MENEKAN ANGKA STUNTING DENGAN BUDAYA KONSUMSI SAYUR ORGANIK DI RW 04 RT 02 KELURAHAN KADEMANGAN KOTA PROBOLINGGO

  • Veronica Sri Astuti N.

Abstract

Masyarakat di Kelurahan Kademangan tepatnya di RW 04 RT 02, masih termasuk masyarakat yang kurang peduli terhadap pola makan yang sehat. Mereka masih mengabaikan pentingnya asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Gizi yang kurang terpenuhi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya yaitu stunting Stunting merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Sehingga, anak lebih pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir. Kekurangan gizi dalam waktu yang lama itu terjadi sejak janin dalam kandungan sampai awal kehidupan anak (1000 Hari Pertama Kelahiran). Untuk itu kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa KKN Universitas Panca Marga Probolinggo 2019 direalisasikan dengan mewujudkan program “Mangan Linjo”, yang menrupakan singkatan dari Kademangan Lingkungan Ijo. Program “Mangan Linjo” bertujuan membantu masyarakat di Kelurahan Kademangan untuk membangun suatu kawasan lingkungan hijau yang berisi budidaya sayuran organik sebanyak 180 Polybag. Metode yang dilakukan adalah dengan melibatkan langsung masyarakat setempat selama kegiatan berlangsung, sehingga selain mendapatkan himbauan, program ini secara fisik memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan sayuran organic secara mudah dan murah. Dengan adanya program ini, masyarakat sadar akan pentingnya asupan gizi yang baik melalui penggunaan sayuran organik dan menjadikan program ini program berkelanjutan setelah merasakan manfaatnya.

Author Biography

Veronica Sri Astuti N.

Jurnal Abdi Panca Marga merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat secara luas. Jurnal ini dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Panca Marga Probolinggo. Terbitan berkala dari jurnal ini adalah dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan April dan bulan Oktober.

Published
2019-11-18