PENERAPAN SISTEM AKUAPONIK (BUDIDAYA IKAN DALAM EMBER) UNTUK PEMENUHAN GIZI DALAM MENCEGAH STUNTING DI DESA GENDING KABUPATEN PROBOLINGGO

  • Dyah Ayu Perwitasari

Abstract

Desa Gending merupakan suatu desa yang berada di Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, terdiri dari 4 Dusun, 4 RW, 13 RT. Wilayah RT 09 Dusun Buyut merupakan salah satu daerah yang berada di desa Gending, Kecamatan Gending. Mayoritas penduduk RT 9 memiliki mata pencaharian sebagai peternak. Daerah Dusun Buyut pernah menjadi pusat budidaya ikan lele di Desa Gending, namun saat ini mulai ditinggalkan karena keberadaan pakan yang sedikit. Penerapan budikdamber sebagai pengembangan dari sistem akuaponik diharapkan mampu menumbuhkan minat masyarakat kembali dalam melakukan budidaya ikan dan sayuran dalam satu tempat, sehingga hasil panen yang didapat pun berlimpah serta mencukupi kebutuhan gizi yang berasal dari ikan dan sayuran. Salah satu upaya untuk mengembangkan kembali potensi lokal berupa budidaya ikan lele, perlu dilakukan sebuah tindakan berupa sosialisasi. Sosialisasi dilakukan dengan cara menyampaikan materi tentang hidroponik dan budikdamber yang diikuti oleh para ibu rumah tangga RT 9 dengan tujuan agar dapat mengisi waktu luang serta mengembangkan kemampuan budidaya ikan lele yang dulu pernah memelihara, selain itu juga sebagai bentuk pemanfaatan pekarangan rumah atau lahan sempit menjadi efisien dan menguntungkan. Praktik dilakukan dengan cara melakukan demonstrasi mengenai budikdamber yang didampingi oleh dosen dan tim mahasiswa, serta menyerahkan rakitan budikdamber beserta sayuran dan ikan kepada salah satu warga sebagai percontohan. Hasil yang didapatkan dari program ini adalah adanya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan mitra tentang budidaya ikan dalam ember (Budikdamber) serta adanya peningkatan kemandirian pangan keluarga dengan memanfaatkan pekarangan rumah melalui budidaya sayuran dan ikan dalam satu tempat.

Author Biography

Dyah Ayu Perwitasari

Jurnal Abdi Panca Marga merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat secara luas. Jurnal ini dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Panca Marga Probolinggo. Terbitan berkala dari jurnal ini adalah dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan April dan bulan Oktober.

Published
2019-11-23