UPAYA PENCEGAHAN STUNTING MELALUI PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN DAN PENERAPAN POLA HIDUP BERSIH SEHAT DI PAUD TUNASMULYA DESA PABEAN KECAMATAN DRINGU KABUPATEN PROBOLINGGO

  • Flavia Aurelia Hidajat

Abstract

Stunting atau pendek merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama dalam 1.000 hari pertama kehidupan. Asupan zat gizi yang tidak seimbang adalah salah satu faktor yang berpengaruh langsung terhadapĀ  stunting. Dengan pemenuhan kebutuhan gizi anak dan pembiasaan pola hidup bersih sehat, diharapkan akan mencegah stunting bagi anak-anak. Tujuan dari artikel ini adalah sebagai upaya pencegahan stunting melalui pemberian makanan tambahan dan senam sehat pagi kepada anak-anak Paud Tunas Mulya sertasosialisasi pola hidup bersih sehat kepada orang tua. Dari program yang kami terapkan di Paud Tunas Mulya dapat diperoleh hasil berupa kesadaran guru dan orang tua akan pentingnya pemberian makanan bergizi dan pentingnya pola hidup bersih sehat bagi anak.

Author Biography

Flavia Aurelia Hidajat

Jurnal Abdi Panca Marga merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat secara luas. Jurnal ini dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Panca Marga Probolinggo. Terbitan berkala dari jurnal ini adalah dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan April dan bulan Oktober.

Published
2019-11-23