UPAYA MEMBERDAYAKAN WARGA DESA KARANGPRANTI UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS ABON KLUWIH PADAUMKM ABON HJ. SUN DALAM RANGKA PENCEGAHAN STUNTING

  • Wawan Susilo

Abstract

Desa Karangpranti merupakan desa yang terletak di Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo. Keunggulan lokal dari desa Karangpranti yaitu terdapat beberapa UMKM unggul yang berupaya memberdayakan warga sekitarnya untuk membangun dan membantu perbaikan perekonomian warga sekitar. Salah satu UMKM yang cukup membantu ketenagakerjaan di desa Karangpranti adalah UMKM Abon Hj. Sun. Akan tetapi perkembangan dari UMKM Abon Hj. Sun terkendala oleh modal dan pengetahuan masyarakat terhadap pemberdayaan warganya yang masih kurang. Sehingga solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala yang ada, misalnya Mahasiswa mengadakan Sosialisasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Memperluas lahan produksi, Bantuan pengajuan modal. Metode yang digunakan yakni dengan tahap persiapan meliputi survei atau observasi, evaluasi permasalahan dan penyusunan, kemudian tahap pelaksanaan yang meliputi pendekatan kepada masyarakat dan sosialisasi UMKM, selanjutnya yaitu tahap evaluasi yang dilakukan untuk melihat tingkat keberhasilan kegiatan mulai dari awal, proses, hingga capaian hasil kegiatan. Apabila produktifitas dari UMKM Abon Hj. Sun semakin dikembangkan maka upaya untuk memberdayakan warga sekitar desa Karangpranti akan semakin terwujud, maka dengan demikian kesejahterahan masyarakatnya dapat semakin tercipta. Sehingga dengan peningkatan kesejahterahan tersebut dapat mencegah adanya stunting pada masyarakat desa Karangpranti.

Author Biography

Wawan Susilo

Jurnal Abdi Panca Marga merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat secara luas. Jurnal ini dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Panca Marga Probolinggo. Terbitan berkala dari jurnal ini adalah dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan April dan bulan Oktober.

Published
2019-11-23