PENCEGAHAN STUNTING DENGAN MEMANFAATKAN GARAM BERYODIUM UD. SUMBER REJEKI DI DESA PAJURANGAN, KECAMATAN GENDING KABUPATEN PROBOLINGGO

  • Tri Prihatiningsih

Abstract

Desa Pajurangan merupakan salah satu dari 13 desa yang ada di Kecamatan Gending,  Kabupaten Probolinggo. Desa Pajurangan merupakan daerah yang dekat dengan pantai 250m dpl, secara administratif, desa ini terdiri dari 7 dusun 9 RW dan 12 RT. Jumlah penduduk desa ini adalah kurang lebih 6.987 jiwa dengan luas wilayah 363.363 km2. Desa iniberadaberada di tengah–tengah wilayah Kabupaten  Probolinggo. Salah satu  potensi lokal desa ini adalah UMKM UD. Sumber Rejeki yang memproduksi garam beryodium. Garam beryodium adalah garam yang telah diperkaya dengan yodium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kecerdasan. Garam beryodium memiliki takaran pasti untuk dikonsumsi sesuai dengan standard Depkes Tahun 2019. Asupan yodium ini bisa diperoleh dengan mengkonsumsi garam beryodium yang ditambahkan pada masakan atau minuman. Penggunaan garam beryodium yang sesuai denganstandardapat membantu mencegah terjadinya stunting pertumbuhan anak tidak normal. Dengan adanya produksi garam beryodium di UD. Sumber Rezeki bisa membantu mengatasi stunting dini dan bisa memberikan peluang bagi pengangguran yang ada di Desa Pajurangan. UMKM ini dapat dikembangkan dengan mempromosikan produk garam kepada masyarakat sekitar dengan media brosur.

Author Biography

Tri Prihatiningsih

Jurnal Abdi Panca Marga merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat secara luas. Jurnal ini dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Panca Marga Probolinggo. Terbitan berkala dari jurnal ini adalah dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan April dan bulan Oktober.

Published
2019-11-23