PEMANFAATAN SUSU TEMPE PADA PROGRAM ANTENATAL CARE (ANC) TERPADU OLEH IBU HAMIL PADA MASYARAKATDESA KLASEMAN KECAMATAN GENDING KABUPATEN PROBOLINGGO

  • Verto Septiandika

Abstract

Antenatal Care (ANC) adalah pelayanan kesehatan oleh tenaga kesehatan terlatih untuk ibu selama kehamilannya sesuai standar pelayanan yang telah ditetapkan dalam Standar Pelayanan Kebidanan (SPK). Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pemanfaatan temuan susu tempe pada kegiatan ANC di wilayah Desa Klaseman Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini menunjukan bahwa ada 14 ibu hamil yang memanfaatkan ANC. Ditemukan satu ibu hamil keguguran, satu ibu hamil melahirkan, 4 orang mengalami karang gigi, 5 orang mengalami resiko tinggi, dan 2 orang mengalami resiko yang sangat tinggi. Dalam pelaksanaan kegiatan ANC ini kami juga menemukan temuan yang berupa produk untuk menanggulangi stunting di Des Klaseman. Diharapkan kepada Puskesmas dan perangkat Desa Klaseman meningkatkan penyuluhan tentang manfaat dan tujuan pemeriksaan ANC, pentingnya mengatur jarak kelahiran, pelayanan ANC yang dapat diberikan Puskesmas, mengubah cara pandang, mengikuti pelatihan dan melibatkan dukun bayi dan tokoh masyarakat. Sasaran pemberian informasi diperluas kepada keluarga/suami karena dukungan mereka mempunyai pengaruh nyata terhadap pemanfaatan ANC.

Author Biography

Verto Septiandika

Jurnal Abdi Panca Marga merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat secara luas. Jurnal ini dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Panca Marga Probolinggo. Terbitan berkala dari jurnal ini adalah dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan April dan bulan Oktober.

Published
2019-11-23