Adaptasi Teknologi Informasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Efektifitas Keberhasilan Pembelajaran Daring di SDN Sumber Wetan 1 Probolinggo

  • Trismawati Trismawati Universitas Panca Marga
  • Agustina Puji Astuti
  • M. Saiful Bahri
  • Abdul Basit
  • Wahyu Indrati
  • Fellicia Roshita Armanda Putri
  • Riza Novitasari
  • Wanda Zahratul Mustafafi
  • Meilani Safira

Abstract

Teknologi informasi pembelajaran mengalami perubahan seiring dengan perkembangan jaman. Hal ini berdampak kepada guru, siswa, orang tua dituntut untuk mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi dalam proses pembelajaran. Perkembangan dan penggunaan teknologi komputer dalam sistem pendidikan dapat membuat reformasi untuk sistem pendidikan yang lebih baik. Sejak pandemi covid-19 tahun 2019 hingga saat ini memaksa proses pembelajaran terus berlanjut untuk menjaga stabilitas penyampaian materi pada siswa. Keadaan kemampuan penguasaan teknologi informasi antara siswa, guru dan orang tua ada gap.  Aneka ragam kemampuan tersebut memaksa penyamaan kemampuan, sehingga meminimasi ketidak berhasilan kemampuan dalam penyampaian dan penerimaan materi saat proses pembelajaran. Untuk itu diperlukan pendampingan, sosialisasi dan pelatihan sehingga penguasaan teknologi lebih baik. Adanya gap pemahaman dan kemampuan teknologi informasi menjadi masalah tersendiri saat pembelajaran daring di era pandemi. Kegiatan ini dilakukan di SDN Sumber wetan 1 Kota Probolinggo yang berada di jalan Genitu no. 45 Kedupok Probolinggo. Tujuannya adalah peningkatan kualitas pembelajaran, sedangkan produk dari hasil pengabdian adalah media belajar untuk mendukung proses pembelajaran siswa untuk membantu minimasi gap penguasaan teknologi informasi dan membantu pembelajaran daring terlaksana dengan baik serta penyerapan materi selama pembelajaran daring bisa maksimal

Published
2022-05-27