Respon Pertumbuhan Bibit secara Grafting terhadap Posisi Entres dan Beberapa Varietas Mangga Garifta (Mangifera indica L.)

  • Agus Edi Setiyono
  • Mohammad Munir

Abstract

Mangga merupakan jenis buah tropis yang digemari oleh masyarakat di dunia dan menjadi komoditas perdagangan antar negara. Mangga dikenal sebagai The Best Loved-Tropical Fruit. Komoditas hortikultura, khususnya buah-buahan salah satunya buah mangga mempunyai prospek baik bila dikembangkan secara intensif dan dalam skala agribisnis. Untuk itu penyediaan varietas unggul mangga diarahkan untuk memenuhi perubahan selera konsumen yang mulai menyukai warna  buah  merah  untuk buah segar.  Di samping varietas-varietas  untuk  memenuhi  kebutuhan produk  olahan  sebagai diversifikasi produk  mangga selaras dengan perkembangan industri olahan yang berkembang pesat. Dalam usaha penyediaan bibit yang baik, banyak digunakan batang bawah terutama varietas madu. Selain batang bawah, batang atas juga perlu diperhatikan sehingga nantinya akan diperoleh tanaman mangga yang sesuai dengan selera konsumen. Dari beberapa cara perbanyakan tanaman mangga yang paling mudah dan banyak dilakukan orang sekarang ini adalah okulasi dan grafting.

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh posisi entres terhadap pertumbuhan bibit mangga garifta secara grafting. 2) Mengetahui pengaruh varietas terhadap pertumbuhan bibit mangga garifta secara grafting. 3) Mengetahui pengaruh interaksi antara posisi entres dan varietas terhadap keberhasilan penyambungan pada mangga garifta.

Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) secara Faktorial  dengan  2  faktor yaitu  posisi  entres  sebanyak  2  taraf perlakuan  dan varietas sebanyak 3 taraf perlakuan serta dengan 4 ulangan. Apabila hasil uji F menunjukkan pengaruh yang nyata, maka analisis akan dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf 5%.

Kesimpulan hasil penelitian antara lain: 1) Perlakuan P1   (posisi entres bagian ujung) memberikan hasil yang baik pada rerata panjang tunas dan rerata jumlah daun. 2) Perlakuan V1 (varietas mangga Garifta Merah) memberikan hasil yang baik pada rerata panjang tunas, rerata jumlah daun dan rerata prosentase bibit jadi. 3) Interaksi P1V1 (posisi entres bagian ujung dan varietas mangga Garifta Merah) memberikan hasil yang baik pada rerata saat muncul tunas, rerata panjang tunas, dan rerata jumlah daun.

Published
2017-11-24
How to Cite
Setiyono, A., & Munir, M. (2017). Respon Pertumbuhan Bibit secara Grafting terhadap Posisi Entres dan Beberapa Varietas Mangga Garifta (Mangifera indica L.). Agrotechbiz : Jurnal Ilmiah Pertanian, 4(1). https://doi.org/10.51747/agrotechbiz.v4i1.277

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.