PENGARUH PUPUK CAIR DAN PUPUK KANDANG SAPI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.)

  • M Abror Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Tomy Prasetyo Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk cair dan pupuk kandang sapi terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman selada (Lactuca sativa L.). Penelitian ini dilakukan di desa Kedung Boto, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan yang berlangsung pada bulan Juli sampai September 2017. Penelitian ini dilakukan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) factorial dan uji lanjut menggunakan uji BNJ pada taraf kepercayaan 5%. Faktor pertama adalah pupuk cair yang terdiri dari 2 taraf yaitu pupuk cair bonggol pisang dan pupuk cair limbah nasi, sedangkan faktor kedua adalah penggunaan pupuk kandang sapi (PKS) yang terdiri dari 5 taraf yaitu kontrol (tanpa PKS), PKS 5 ton/ha, PKS 7 ton/ha, PKS 10 ton/ha, PKS 12 ton/ha. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa tidak terjadi interaksi yang nyata antara pupuk cair dan pupuk kandang sapi, namun pada perlakuan pupuk cair menunjukkan pengaruh yang nyata terhadap panjang tanaman selada sedangkan pupuk kandang sapi berpengaruh nyata terhadap semua parameter pengamatan. Perlakuan terbaik adalah penggunaan pupuk kandang sapi 12 ton per hektar yang menunjukkan panjang tanaman 11,75 cm, jumlah daun 8,83 helai, diameter batang 1,02 cm, bobot basah brangkasan 52,83 gr, bobot kering brangkasan 23,2 gr dan bobot konsumsi 41,23 gr.

Published
2019-06-19
How to Cite
Abror, M., & Prasetyo, T. (2019). PENGARUH PUPUK CAIR DAN PUPUK KANDANG SAPI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.). Agrotechbiz : Jurnal Ilmiah Pertanian, 5(1), 1-6. https://doi.org/10.51747/agrotechbiz.v5i1.429

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.