Pengaruh Konsentrasi EM4 Dan Dosis Pupuk Kandang Ayam Broiler Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Cabai Rawit (Capsicum frutescens L.)

  • Agus Edi Setiyono Prgram studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Panca Marga

Abstract

Cabai rawit (Capsicum frutescens L.) merupakan salah satu komoditas pertanian yang sangat penting dalam kehidupan rumah tangga sehari-hari, karena setiap hari dikonsumsi masyarakat Indonesia. Efektif Mikroorganisme (EM4) merupakan bakteri fermentasi bahan organik tanah yang menyuburkan tanaman dan menyehatkan tanah. Terbuat dari hasil seleksi alami mikroorganisme fermentasi dan sintetik di dalam tanah yang dikemas dalam medium cair. Pupuk kandang kotoran ayam merupakan salah satu alternatif untuk menambah bahan organik dan selanjutnya akan menambahkan unsur hara sehingga dapat memperbaiki sifat kimia dan biologi tanah.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk : 1. Mengetahui pengaruh konsentrasi EM4 terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman Cabai rawit (Capsicum frutescens L.) 2. Mengetahui pengaruh dosis pupuk kandang ayam broiler terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman Cabai rawit (Capsicum frutescens L.) dan 3. Mengetahui interaksi antara konsentrasi EM4 dan dosis pupuk kandang ayam broiler terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman Cabai rawit (Capsicum frutescens L.) Penelitian ini dilakukan di Desa Purnama Kecamatan Tegalampel Kabupaten Bondowoso, yang berada pada ketinggian tempat + 263 m di atas permukaan laut (dpl). Waktu penelitian ini dilaksanakan selama 5 bulan, dimulai dari bulan April 2017 sampai Agustus 2017. Adapun perlakuan terdiri dari Faktor I adalah konsentrasi EM4 terdiri dari 3 taraf yaitu : E0 = Tanpa konsentrasi EM4, E1 = Konsentrasi 25 ml/liter air, E2= Konsentrasi 50 ml/liter air. Faktor II adalah dosis pupuk kandang ayam broiler yang terdiri 4 taraf yaitu : A0 = Tanpa pupuk kandang ayam, A1 = Pupuk kandang ayam 250 gr/polybag (setara dengan 5 ton/ha), A2 = Pupuk kandang ayam 500 gr/polybag (setara dengan 10 ton/ha),A3 = Pupuk kandang ayam 750 gr/polybag (setara dengan 15 ton/ha).

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1. Perlakuan EM4 berpengaruh nyata, konsentrasi EM4 50 ml/liter air (E2) memiliki hasil tertinggi yaitu pada parameter diameter batang saat tanaman berumur 7, 14, dan 21 HST dan bobot brangkasan kering per tanaman, 2. Perlakuan dosis pupuk kandang ayam broiler berpengaruh nyata, dosis 500 gr/polybag (A2) memiliki hasil tertinggi yaitu pada parameter bobot brangkasan kering per tanaman, dan 3. Interaksi kedua perlakuan juga berpengaruh nyata, pengaruh tertinggi pada perlakuan E2A2 yaitu pada parameter tinggi tanaman dan jumlah daun saat tanaman berumur 21, 28, 35 dan 42 HST, diameter batang saat tanaman berumur 35 dan 42 HST, jumlah buah per tanaman, berat buah per tanaman, bobot brangkasan basah per tanaman dan bobot brangkasan kering per tanaman.

Published
2019-06-19
How to Cite
Setiyono, A. (2019). Pengaruh Konsentrasi EM4 Dan Dosis Pupuk Kandang Ayam Broiler Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Cabai Rawit (Capsicum frutescens L.). Agrotechbiz : Jurnal Ilmiah Pertanian, 5(1), 21-28. https://doi.org/10.51747/agrotechbiz.v5i1.432

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.