RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG MERAH ( Allium cepa L. ) TERHADAP PENGGUNAAN VARIETAS DAN KONSENTRASI ZAT PENGATUR TUMBUH ( ZPT )

  • Moch. Su'ud Program studi Agroteknologi Fakultas Pertanian UPM Probolinggo
  • Ida Sugeng Suyani Program studi Agroteknologi Fakultas Pertanian UPM Probolinggo
  • Ahmad Afani Program studi Agroteknologi Fakultas Pertanian UPM Probolinggo

Abstract

Bawang merupakan komoditas utama yang sejak lama diusahakan oleh petani secara intensif.Di Indonesia bawang merah umumnya ditanam secara vegetatif yaitu dengan umbi. Tanaman hasil pembiakan vegetative rentan terhadap pathogen penyakit dari induknya yang menekan pertumbuhan dan produktivitas. Maka itu diperlukan zat pengatur tumbuh untuk menghasilkan bawang merah yang maksimal. Secara umum pemberian ZPT pada tanaman bawang merah diketahui berpengaruh terhadap pertumbuhan maupun hasil tanaman bawang merah. Dengan begitu penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mengetahui varietas yang tepat sehingga berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah. (2) Mengetahui konsentrasi ZPT yang tepat sehingga berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah (Allium cepa L.) Hipotesis dalam penelitian ini ; (1) Terdapat pengaruh nyata pada perlakuan varietas terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah (Allium cepa L.) (2) Terjadi interaksi antara varietas dengan konsentrasi ZPT terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah (Allium cepa L.)

Penelitian ini dilaksanakan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial dengan 2 faktor yaitu Varieatas sebanyak 3 taraf perlakuan dan Konsentrasi (ZPT) sebanyak 3 taraf perlakuan, dengan 3 kali ulangan. Kesimpulan penelitian ini ialah (1), Pengamatan Varietas yang berpengaruh sangat nyata yaitu pada parameter Kemunculan Tunas (hari), Tinggi tanaman (cm) (7,14,21, dan 28 HST), jumlah daun (7,14,21, dan 28 (HST), jumlah anakan (50 HST), bobot umbi (gr), bobot basah (gr), bobot kering (gr), hasil (ha). 2. Terjadi pengaruh terbaik pada perlakuan ZPT konsentrasi 75 ml, yaitu pengamatan kemunculan tunas (hari), tinggi tanaman (cm) {7,14,21, dan 28 HST}, jumlah daun {7,14,21, dan 28 HST}, jumlah anakan (50 HST), bobot umbi (gr), bobot basah (gr), bobot kering (gr), hasil (ha). 3. Terjadi interaksi terbaik pada kombinasi perlakuan Varietas Biru Lancor dengan ZPT konsentrasi 75 ml yaitu pada parameter kemunculan tunas (hari), jumlah daun, jumlah anakan (50 HST), bobot umbi (gr), bobot basah (gr), bobot kering (gr), hasil (ha).

Published
2019-06-19
How to Cite
Su’ud, M., Suyani, I., & Afani, A. (2019). RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG MERAH ( Allium cepa L. ) TERHADAP PENGGUNAAN VARIETAS DAN KONSENTRASI ZAT PENGATUR TUMBUH ( ZPT ). Agrotechbiz : Jurnal Ilmiah Pertanian, 5(1), 29-36. https://doi.org/10.51747/agrotechbiz.v5i1.433

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.