PENGARUH PEMBERIAN DOSIS PUPUK MAJEMUK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI BEBERAPA VARIETAS TOMAT (Solanum lycopersicum L.)

  • M. Abror Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Usfur Anwar Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk majemuk cair dan varietas tomat terhadap pertumbuhan dan produksi beberapa tanaman tomat. Penelitian ini telah dilakukan di Desa Kedanten, Wonokoyo, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan yang berlangsung pada tanggal 12 Mei sampai 18 Agustus 2017. Penelitian ini dilakukan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dan uji lanjut menggunakan uji BNJ pada taraf kepercayaan 5%. Faktor pertama adalah pupuk majemuk cair yang terdiri dari 3 taraf yaitu 2 ml, 4 ml dan 6 ml, sedangkan faktor kedua adalah varietas tomat yang terdiri dari 3 macam yaitu gondol, bulat dan betavila. Parameter yang diamati antara lain: tinggi tanaman, jumlah cabang, jumlah daun, bobot basah pertanaman, bobot kering pertanaman, jumlah buah pertanaman serta jumlah buah pertanaman. Perlakuan terbaik adalah penggunaan pupuk majemuk cair 4 ml dan varietas gondol (M2V1) yang menghasilkan tinggi tanaman 44,17 cm, jumlah cabang 12,67 cabang, jumlah daun 103,00 helai, jumlah buah 12,00 buah, berat buah 282,29 gram, dan indeks panen 5,56. Meskipun tidak berinteraksi dengan yang lain, pada perlakuan pupuk 2 ml, 6 ml dan varietas bulat maupun betavila tidak terjadi interaksi yang nyata pada tiap-tiap perlakuan.

Published
2019-06-19
How to Cite
Abror, M., & Anwar, U. (2019). PENGARUH PEMBERIAN DOSIS PUPUK MAJEMUK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI BEBERAPA VARIETAS TOMAT (Solanum lycopersicum L.). Agrotechbiz : Jurnal Ilmiah Pertanian, 5(2), 1-7. https://doi.org/10.51747/agrotechbiz.v5i2.434

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.