SINTESIS TEKSTUR UNTUK MEMBERSIHKAN CITRA SANGKAR DARI FOTO HEWAN DALAM KURUNGAN

  • Mohammad Mohammad Teknik Elektro UPM Probolinggo
  • Lukman Zaman Pasca Sarjana Teknologi Informasi iSTTS

Abstract

Pengolahan citra digital adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari tentang teknik - teknik mengolah citra. Citra yang dimaksud adalah gambar statis yang berasal kamera. Secara matematis, citra merupakan fungsi kontinyu dengan intensitas cahaya pada bidang dua dimensi. Agar dapat diolah dengan komputer digital, maka suatu citra harus dipresentasikan secara numerik dengan nilai -nilai diskrit. Restorasi citra berkaitan dengan penghilangan atau pengurangan degradasi pada citra yang terjadi karena proses akuisisi citra. Degradasi yang dimaksud salah satunya adalah efek optis misalnya blur (kabur) akibat kamera yang tidak fokus atau karena pengambilan gambar yang terhalang oleh objek lain didepannya misalkan hewan dalam sangkar. Untuk melakukan perbaikan citra tersebut dapat menggunakan metode Sintesis Tekstur.

Image Quilting merupakan salah satu metode untuk melakukan Sintesis Tekstur. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengambil contoh tekstur dari citra input, kemudian potongan yang didapat diletakkan pada bagian kiri atas dari citra output yang akan dibentuk, langkah selanjutnya adalah melakukan proses sehingga seluruh citra output yang diinginkan terbentuk. Proses tersebut mencari patch yang akan di sintesis, kemudian membangun neighborhood region, menemukan neighborhood-neighborhood yang sesuai dengan citra input dengan membandingkan statistic grafik histogram antara neighb orhood dari citra input dengan neighborhood dari citra output., lalu mengambil neighborhood terbaik dari semua kandidat neighborhood yang ada pada citra input. Meletakkan patch dari citra input ke citra output,. melakukan perbaikan pada overlap dengan menggunakan Minimum Error Boundary Cut yang dilakukan mulai dari tepi patch hingga besar konstanta dari overlap. Proses untuk patch ini selesai, dan diulangi kembali hingga citra output terpenuhi dengan tekstur dari citra input.

Dengan menggunakan Image Quilting dapat membersihkan citra sangkar pada foto hewan dalam kurungan dengan menghitung perbandingan area yang bisa dibersihkan dengan benar, dengan tingkat keakuratan mencapai 80%..

Published
2020-11-20