Pengaruh Lingkungan, Media Massa Dan Masyarakat Sebagai Penyebab Anak-Anak Melakukan Tindakan Kriminal

  • Totok Sugiarto Fakultas Hukum Universitas Panca Marga Probolinggo

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara perbuatan tindak kriminal yang dilakukan oleh anak dibawah usia dengan lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat dan pengaruh antara perbuatan tindak kriminal yang dilakukan oleh anak dibawah usia dengan media cetak dan elektronik. Metode yang digunakan dalam pendekatan masalah adalah metode kualitatif empiris. Lingkungan  keluarga  memiliki  pengaruh yang luar biasa besarnya terhadap perkembangan psikologis dan jiwa anak. Sehingga dapat dikatakan bahwa bila lingkungan keluarga dapat menciptakan  hubungan  yang  harmonis  maka  akan  berdampak  baik pada  anak.  Tetapi  sebaliknya,  bila  kondisi  keluarga  sudah  tidak harmonis  lagi,  anak  mulai  tidak  betah  di  rumah,  dan  anak  mulai mencari  ketenangan  di  luar  rumah,  sehingga  orang  tua  akan  sulit mengawasi  akitivitas  anak  di  luar  rumah.  Begitu  juga  di  lingkungan sekolah,  anak  seharusnya  tidak  dibiarkan  begitu  saja,  tetapi  harus diarahkan, dididik dan dibina serta dipimpin agar ia  bisa menjadi anak yang  baik  dan  cerdas  serta  mematuhi  norma-norma  yang  ada  di masyarakat,  termasuk  hukum  norma  itu  sendiri.  Sebab  bila  hasil pendidikan  di  sekolah  itu  buruk,  maka  hasil  pendidikan  itu  nanti  di masyarakat juga akan buruk. Sehingga terjadi sesuatu kesinambungan dan hubungan antara hasil pendidikan di sekolah dengan masyarakat. Ada  pengaruh  antara  perbuatan  tindak  criminal  yang  dilakukan  oleh anak  dibawah  usia  dengan  media  cetak  dan  elektronik.  Media  cetakdan elektronik  juga memiliki kontribusi terhadap proses pembentukan kepribadian  anak.  Bila  media  cetak  dan  elektronik  dapat mengemasnya dengan  cukup baik, maka juga dapat berdampak  baik pula. Sebaliknya  bila  media cetak dan elektronik dapat mengemasnya dengan kurang  baik, maka akan berdampak kurang baik pula karena anak dapat dengan mudah menyerap dan menirukan hal tersebut.

Kata Kunci: Media Massa, Anak-Anak,  Kriminal

Published
2021-01-12
How to Cite
Sugiarto, T. (2021). Pengaruh Lingkungan, Media Massa Dan Masyarakat Sebagai Penyebab Anak-Anak Melakukan Tindakan Kriminal. IUS : Jurnal Ilmiah Fakultas Hukum, 7(2), 45-63. https://doi.org/10.51747/ius.v7i2.671

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.