Optimalisasi Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)

(Studi Di Kantor Pertanahan Kota Probolinggo)

  • Holilur Rohman Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Panca Marga Probolinggo
  • Erwien Adisiswanto Staf Pengajar Fakultas Hukum Universitas Panca Marga Probolinggo

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur dan optimalisasi untuk pelaksanaan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) di Kantor Pertanahan Kota Probolinggo dan hambatan atau kendala-kendala yang timbul dalam pelaksanaan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) di Kantor Pertanahan Kota Probolinggo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian normatif-empiris. Progam Pendaftaran Sistmatis Lengkap (PTSL) merupakan program pemerintah yang harus dilaksanakan dan terselesaikan dengan ketentuan Undang-undang yang mengatur nya dengan batas waktu yang ditentukan. Melihat target-target nya yang sangat banyak maka dari itu para pelaksana seperti Kantor Pertanahan,salah satu nya Kantor Pertanahan Kota Probolinggo dalam program tersebut harus memiliki cara-cara untuk optimalisasi dan solusi yang tepat guna mempercepat dan tepat dalam penyelesainnya. Hambatan-hambatan yang timbul pada pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Kantor Pertanahan Kota Probolinggo adalah sebagai berikut : Kurangnya pengetahuam masyarakat tentang syarat program PTSL, Kurangnya sumber daya manusia yang terlibat dalam pelaksanaannya, Berkas yang kurang lengkap, Ketidak tepatan masyarakat saat proses pengumpulan data yuridis, Ketidak jujuran masyarakat saat memberikan keterangan atas tanahnya, Tumpang tindihnya peta saat  ploting hasil ukur di KKP  Lokasi yang minim sinyal internet membuat pengecekan di lokasi terganggu.

Kata kunci : Pendaftaran Tanah, PTSL, Probolinggo.

Published
2021-01-17
How to Cite
Rohman, H., & Adisiswanto, E. (2021). Optimalisasi Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). IUS : Jurnal Ilmiah Fakultas Hukum, 8(2), 1-12. https://doi.org/10.51747/ius.v8i2.686

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.