Peran badan pengawas pemilihan umum dalam Penegakan hukum pelaksanaan pemilihan umum dprd Kota probolinggo

(Studi pada Bawaslu Kota Probolinggo)

  • Moch. Salim Fikra Fauzi Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Panca Marga Probolinggo
  • Eko Wahyono Staf Pengajar Fakultas Hukum Universitas Panca Marga Probolinggo

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Probolinggo dalam penegakkan hukum Pemilihan Umum DPRD Tahun 2019 dan bagaimana strategi yang dilakukan Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Probolinggo untuk mengoptimalkan perannya dalam penegakkan hukum Pemilihan Umum DPRD Tahun 2019. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yuridis empiris. Peran Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Probolinggo setiap tahapan dan proses pemilihan umum berjalan sesuai Undang-Undang dan Peraturan yang ada dan menjalankan pengawasan dan penegakan hukum, Pencegahan pelanggaran pemilihan umum dan penindakan pelanggaran pemilihan umum. Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Probolinggo mengadakan rapat pleno atau keputusan untuk bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk memastikan dan mempercepat proses pembuatan e-KTP karena ini menyebabkan dan mempengaruhi jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap).

Kata Kunci: Bawaslu, Penegakan Hukum, DPRD

Published
2021-01-17
How to Cite
Fauzi, M. S., & Wahyono, E. (2021). Peran badan pengawas pemilihan umum dalam Penegakan hukum pelaksanaan pemilihan umum dprd Kota probolinggo. IUS : Jurnal Ilmiah Fakultas Hukum, 8(2), 13-27. https://doi.org/10.51747/ius.v8i2.687

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.