Pengaruh Lingkungan Kerja, Gaya Kepemimpinan dan Semangat Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Puskesmas Kedopok Kota Probolinggo

  • Mohammad Dhavid Henky Andrian Universitas Panca Marga Porbolinggo
  • Ngatimun Ngatimun Universitas Panca Marga Porbolinggo
  • Agustina Pujiastutik Universitas Panca Marga Porbolinggo
Keywords: Lingkungan Kerja, Gaya Kepemimpinan, Semangat Kerja, Kinerja Pegawai

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Kedopok Kota Probolinggo dengan tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Kerja, Gaya Kepemimpinan dan Semangat Kerja terhadap kinerja Pegawai secara parsial pada Puskesmas Kedopok Kota Probolinggo (2) Untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Kerja, Gaya Kepemimpinan dan Semangat Kerja terhadap Kinerja Pegawai secara simultan pada Puskesmas Kedopok Kota Probolinggo (3) Untuk mengetahui variabel manakah antara Lingkungan Kerja, Gaya Kepemimpinan dan Semangat Kerja yang berpengaruh dominan terhadap Kinerja Pegawai pada Puskesmas Kedopok Kota Probolinggo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kayawan PNS dan non PNS di Puskesmas Kedopok Kota Probolinggo. Selama peneliti melakukan penelitian, dengan sampel yang diambil adalah sebanyak 57 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, variabel yang digunakan meliputi Lingkungaan Kerja, Gaya Kepemimpinan, Semangat Kerja dan Kinerja Pegawai. Metode analisis data dari hasil penelitian ini yaitu metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan statistik berupa uji instrumen, uji normalitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien korelasi berganda, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ditunjukkan dengan hasil uji hipotetis simultan Fhitung sebesar 33,275 > Ftabel 2,779 dengan ini membutikan bahwa Lingkungan Kerja, Gaya Kepemimpinan dan Semangat Kerja berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai.

References

Sinambela, Lijan Poltak, Manajemen Sumber Daya Manusia Membangun Tim Kerja Yang Solid Untuk Meningkatkan Kinerja, Keempat. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2019.
Enny, Mahmudah, Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Pertama. Surabaya: UBHARA Manajemen Press, 2019. [Online]. Available: http://eprints.ubhara.ac.id/424/31/Buku-MSDM-2019.pdf
Riinawati, Pengantar Teori Manajemen Komunikasi dan Organisasi. Yogyakarta: PT. PUSTAKA BARU, 2019. [Online]. Available: https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=477593
Busro, Muhammad, Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Pe. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP, 2018.
Arief, Mohammad Yahya dan Ahmad Muhammad Fauzi, “Pengaruh Motivasi Kerja, Kompetensi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepusan Kerja Karyawan Pt. Indah Plywood Bondowoso,” CERMIN J. Penelit., vol. 5, no. 1, p. 147, 2021, doi: 10.36841/cermin_unars.v5i1.997.
Wokas, Natalia G.C dan Saerang Regina, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Keterlibatan Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Pln Kawangkoan,” vol. 10, no. 3, p. 61.
Iqbal, Muhammad dan Asmeri, Rina “Pengaruh Semangat Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Civitas Akademika Poltekes Siteba Padang,” vol. 4, no. 1, p. 117, 2022.
Fiantika, Feny Rita, Metodologi Penelitian Kualitatif, Cetakan Pertama. Sumatera Barat: PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI, 2022.
Afandi, Pandi, Manajemen Sumber Daya Manusia Teori, Konsep Dan Indikator. Yogyakarta: ZANAFA PUBLISHING, 2018.
Sudaryo, Yoyo, Manajemen Sumber Daya Manusia Kompensasi Tidak Langsung Dan Linkungan Kerja Fisik. Yogyakarta: Andi (Anggota IKAPI), 2018.
Hasnawati, Gaya Kepemimpinan Dan Peningkatan Kinerja. 2021.
Edison, Emron Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: ALFABETA, 2022.
Basri, Surya Kelana dan Rauf, Rusdiaman “Pengaruh Semangat Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai,” vol. 4, no. 1, p. 106,107, 2021, doi: 10.37531/yum.v11.76.
Priansa, Doni Juni Perencanaan Dan Pengembangan SDM, Kedua. Bandung: ALFABRTA, 2016.
Hasnur, Mardani, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai di Lapas Medan,” J. Ilmu Pengetah. Sos., vol. Vol. 9 (1), no. 1, pp. 84–87, 2022, doi: 10.33087/sms.v3i2.111.
Laksono, Bayu Rama dan Wilasittha, Acynthia Ayu “Pengaruh Lingkungan Kerja, Komunikasi, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Di Pt Samaco,” vol. 4, no. 1, pp. 249–258, 2021.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA, 2018.
Sujarweni, Wiratna Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: PT. PUSTAKA BARU, 2015.
Sunyoto, Danang Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT. Refika Aditama, 2016.
Ghozali, Iman, Aplikasi Analisis Multivarite Dengan Program IBM SPSS 25, Cetakan Ke. Dipenogoro: UNDIP, 2018.
Published
2023-06-28
How to Cite
Henky Andrian, M., Ngatimun, N., & Pujiastutik, A. (2023). Pengaruh Lingkungan Kerja, Gaya Kepemimpinan dan Semangat Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Puskesmas Kedopok Kota Probolinggo. JUMAD : Journal Management, Accounting, & Digital Business, 1(3), 341-350. https://doi.org/10.51747/jumad.v1i3.1393

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.