https://ejournal.upm.ac.id/index.php/magistra/issue/feedMagistra Journal of Management, Business and Social Science2025-02-17T22:38:29+00:00Hermantohermanto@upm.ac.idOpen Journal Systems<p>Magistra Journal Management, Business and Social Science</p>https://ejournal.upm.ac.id/index.php/magistra/article/view/2308Dampak Kualitas Produk, Harga Produk, dan Lokasi Usaha terhadap Kepuasan Konsumen dalam Produksi Benih Tanaman Pangan2025-02-17T22:38:28+00:00Alfin Hidayatalfinhidayat@gmail.com<p>Penelitian dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Tempat terhadap Kepuasan Konsumen UPT Produksi Benih Tanaman Pangan Paiton Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan produk benih padi dari UPT Produksi Benih Tanaman Pangan Paiton Probolinggo. Sampelnya yang digunakan dengan cara non probability sampling yang berjumlah 40 responden dengan penentuan setiap variabel dikalikan 10. Data yang dibutuhkan berupa Primer berupa kuesioner yang diperoleh peneliti melalui wawancara langsung kepada responden dan data sekunder dalam penelitian sekunder pada penelitian ini berupa jurnal, buku-buku, laporan – laporan. Data tersebut dianalisis menggunakan statistik berupa uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan pengujian hipotesis dan dalam pengolahannya menggunakan Statistical Packages for Social Science (SPSS). Berdasarkan pada hasil uji hipotesis Uji Simultan (Uji F) bahwa: kualitas produk, harga dan tempat secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen dengan Fhitung sebesar 8,759 > Ftabel yaitu 2,87. (Uji-t) yang telah dilakukan dengan tingkat signifikansi sebesar 5% dapat disimpulkan bahwa 1) Kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan dengan nilai signifikan 0,040 < 0,05 dan nilai thitung >ttabel yaitu 2,135 > 2,028. 2) Harga tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai signifikan 0,840 < 0,05 dan nilai thitung < -ttabel yaitu -0,203 < 2,028. 3) Tempat berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai signifikan 0,049 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel yaitu 2,034 > 2,028.</p>2025-02-17T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.upm.ac.id/index.php/magistra/article/view/2302Apakah Peran Pemerintah, Sarana Prasarana, Modal Kerja Dan Pengalaman Nelayan Mampu Meningkatkan Pendapatan?2025-02-17T22:38:29+00:00Dita Kumaladita@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah Peran Pemerintah, Sarana Prasarana, Modal Kerja Dan Pengalaman Nelayan Mampu Meningkatkan Pendapatan?, Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan variabel independen Modal Kerja, Pengalaman, Sarana Prasarana, dan Peran Pemerintah dan variabel dependen Pendapatan Nelayan, Jumlah sampel 40 nelayan dengan menggunakan teknik <em>purposive sampling</em>. Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal kerja, pengalaman kerja, sarana prasarana, dan peran pemerintah berpengaruh signifikan terhadap pendapatan nelayan. Uji F menunjukkan kelayakan model, dengan nilai <em>R Square</em> sebesar 0.817 yang berarti besarnya variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat sebesar 81,7 % sedangkan sisanya 18,3% dipengaruhi variabel lainnya.</p>2025-02-17T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.upm.ac.id/index.php/magistra/article/view/2309Kemampuan Niat Beli Melengkapi Bauran Promosi dan Kesadaran Merek terhadap Loyalitas Pelanggan2025-02-17T22:38:29+00:00Jefri Bayu Sasongkojefri13@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>Promotion Mix, Brand Awareness, Purchase Intention </em>terhadap <em>Customer Loyality</em> Toko Mabes Atribut Kota Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan pendekatan verifikatif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang ciri – ciri variabel <em>( Promotion Mix, Brand Awareness, Purchase Intention </em>dan<em> Customer Loyalty)</em>. Penelitian verifikatif adalah jenis penlitian yang bertujuan untuk mengetahui antar variabel melalui suatu pengujian hipotesis menggunakan metode analisis jalur dengan bantuan aplikasi Smart PLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>Promotion Mix</em> tidak berpengaruh positif terhadap <em>Customer Loyalty, Brand Awareness</em> berpengaruh positif terhadap <em>Customer Loyality</em>, serta <em>Purchase Intention</em> berpengaruh positif terhadap <em>Customer Loyality</em>. Adapun pengaruh tidak langsung <em>Promotion Mix</em> berpengaruh positif terhadap <em>Customer Loyalty</em> melalui <em>Purchase Intention </em>dan <em>Brand Awareness</em> berpengaruh positif terhadap <em>Customer Loyality</em> melalui <em>Purhase Intention</em>.</p>2025-02-17T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.upm.ac.id/index.php/magistra/article/view/2310Aksesibilitas dan Fasilitas Wisata Berperan penting terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Pengunjung Wisata2025-02-17T22:38:29+00:00Lina Nur Kumala Sarilinanurkumalasari@gmail.com<table> <tbody> <tr> <td> <p>Penelitian ini dilakukan terhadap BJBR Probolinggo dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh langsung Aksesibilitas terhadap loyalitas pengunjung, pengaruh langsung Aksesibilitas terhadap kepuasan pengunjung, pengaruh langsung fasilitas terhadap loyalitas pengunjung, pengaruh langsung fasilitas terhadap kepuasan pengunjung, pengaruh langsung kepuasan pengunjung terhadap loyalitas pengunjung, pengaruh tidak langsung Aksesibilitas terhadap loyalitas pengunjung melalui kepuasan pengunjung dan pengaruh tidak langsung fasilitas terhadap loyalitas pengunjung melalui kepuasan pengunjung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasinya adalah pengunjung yang sedang berkunjung di objek wisata BJBR Probolinggo dengan sampel sebanyak 73 responden dan teknik pengambilan sampel menggunakan incidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan Aksesibilitas berpengaruh langsung terhadap loyalitas pengunjung, Aksesibilitas berpengaruh langsung terhadap kepuasan pengunjung, fasilitas berpengaruh langsung terhadap loyalitas pengunjung, fasilitas berpengaruh langsung terhadap kepuasan pengunjung, kepuasan pengunjung berpengaruh langsung terhadap loyalitas pengunjung, Aksesibilitas berpengaruh tidak langsung terhadap loyalitas pengunjung melalui kepuasan pengunjung, fasilitas tidak berpengaruh langsung terhadap loyalitas pengunjung melalui kepuasan pengunjung.</p> <p>Kata Kunci : Aksesibilitas<em>, </em>Fasilitas, Kepuasan Pengunjung, Loyalitas Pengunjung, Variabel Intervening</p> </td> </tr> </tbody> </table>2025-02-17T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.upm.ac.id/index.php/magistra/article/view/2311Dampak Kualitas Pelayanan, Harga, dan Inovasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen Rest-O-Tent2025-02-17T22:38:29+00:00Meidhita Dwi Wardanimeidhitadwiwardani@gmail.com<p>Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga produk dan inovasi produk terhadap kepuasan konsumen Rest-O-Tent BeeJay Bakau Resort Probolinggo. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasinya adalah konsumen pada Rest-O-Tent BeeJay Bakau Resort Probolinggo dengan sampel sebanyak 80 responden dan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Hasil penelitian dengan uji T menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, harga produk dan inovasi produk berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Rest-O-Tent BeeJay Bakau Resort Probolinggo. 2) Hasil penelitian dengan uji F menunjukkan bahwa bahwa kualitas pelayanan, harga produk dan inovasi produk berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen Rest-O-Tent BeeJay Bakau Resort Probolinggo. 3) Inovasi produk adalah variabel yang berpengaruh paling dominan simultan terhadap kepuasan konsumen Rest-O-Tent BeeJay Bakau Resort Probolinggo.</p> <p>Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Harga Produk, Inovasi Produk, Kepuasan Konsumen</p>2025-02-17T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##