PENERAPAN KOOPERATIF LEARNING METODE STAD TIPE INCREASE MATHEMATICS LEARNING KELAS V SDN SUMURMATI II SUMBERASIH PROBOLINGGO

  • Didit Yulian Kasdriyanto
  • Shofia Hattarina

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas V SD Negeri Sumurmati II, salah satu faktor yang diduga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa adalah 1) metode yang digunakan guru dalam mengajar masih berpusat pada guru tidak berpusat pada siswa 2) guru jarang melakukan pembelajaran kelompok sehingga interaksi antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru masih rendah, 3) guru kurang memberi motivasi dan penghargaan sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah. Salah satu model yang dianggap tepat adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Bertolak dari konteks yang terjadi maka dalam penelitian ini difokuskan pada tiga tujuan : mengetahui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team – Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sumurmati 2 tahun pelajaran 2017/2018, mengetahui hasil belajar siswa dan guru dalam pembelajaran kooperatif Tipe STAD (Student Team – Achievement Division) pada pokok bahasan luas bangun datar kelas V SD Negeri Sumurmati 2 tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sumurmati II yang berjumlah 37 siswa, terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara tidak terstruktur dan tes. Dari hasil penelitian juga didapatkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran Matematika kelas V SD Negeri Sumurmati II Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo dapat meningkat baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotor. Pernyataan ini terbukti dari presentase ketuntasan hasil belajar sebelumnya yaitu pada saat pratindakan presentase ketuntasan.

Published
2019-01-29