PENERAPAN NATURAL METHOD BERBANTUAN MEDIA BONEKA JARI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DONGENG KELAS I SDN JREBENG LOR 7 KECAMATAN KEDUPOK KOTA PROBOLINGGO

  • Ribut Prastiwi Sriwijayanti
  • Ani Anjarwati
  • Sandi Furi Rahayu

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas I tentang Dongeng  yang masih jauh dari harapan. Diketahui penyebab siswa kurang menguasai materi yang diajarkan adalah :Siswa tidak tertarik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, peneliti menjelaskan materi secara singkat, siswa kurang mampu memahami materi.

Dengan penggunan natural method  pada Pelajaran Bahasa Indonesia, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif, partisipatif, dan kolaboratif. Pengembangan program didasarkan data-data dan informasi siswa, Peneliti secara alamiah melalui tahapan penelitian Berdasarkan pembahasan dan analisis maka didapat kesimpulan bahwa penggunaan natural method dapat meningkatkan hasil belajar  siswa dalam  memahami materi dongeng.

Penggunaan natural method dapat meningkatkan hasil belajar  siswa hal ini terbukti dengan kelancaran proses belajar dikelas serta ketepatan siswa dalam mengerjakan lembar kerja dan ketuntasan siswa yang didapat cukup memuaskan dari 29  siswa  hasil siklus I nilai rata-rata yang  didapat mencapai 61.20  pada siklus II nilai rata – rata  mencapai 86,03 , sehingga proses kegiatan belajar siswa lebih efisien , efektif  dan berhasil dilaksanakan dikelas I semester II tahun pelajaran 2017/2018 SDN Jrebeng Lor 7 Kecamatan Kedupok  Kota Probolinggo . Berdasarkan hasil penelitian, dengan natural method didukung media wayang kartun dapat membantu siswa untuk lebih mudah belajar mata pelajaran bahasa Indonesia materi dongeng.

Published
2019-01-29