PENGEMBANGAN MEDIA ANIMAL STICK DALAM PEMBELAJARAN BERHITUNG PENJUMLAHAN
Abstract
Berdasarkan pengumpulan informasi pada pembelajaran matematika kelas I di SDN Sekarkare Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo ditemukan masalah, yaitu: (1) siswa masih belum menguasai berhitung pennjumlahan , (2) dalam proses pembelajaran guru belum menggunakan media yang dapat membantu dalam menjelaskan pemahaman siswa mengenai materi pelajaran.. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang telah dimodifikasi menjadi: (1) pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi hasil uji coba, (6) penyempurnaan hasil produk. Hasil validasi ahli media dan materi mencapai 89%. Dan hasil validasi ahli praktisi mencapai 81%. Uji coba lapangan dilakukan kepada siswa kelas 1. Hasil pre test terdapat 4 siswa mendapat hasil di atas KKM dan hasil post test terdapat 8 siswa mendapat nilai diatas KKM. Berdasarkan hasil di atas, media edukatif penjumlahan telah valid, praktis, dan efektif. Kesimpulan dari penelitian pengembangan produk media Animal Stick penjumlahan diatas, dapat disarankan (1) guru harus memahami dengan baik panduan produk Media Animal Stick (3) pengembangan produk lebih lanjut sebaiknya menambahkan gambar yang kontras dan hiasan yang lebih banyak.