PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PETA BUDAYA SUB POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN BUDAYA INDONESIA KELAS V SD NEGERI CURAHSAWO

  • Ribut Prastiwi Sriwijayanti
  • Ani Anjarwati
  • Dian Rahmawati

Abstract

Materi keanekaragaman suku dan budaya pada kelas V sekolah dasar tergolong sulit karena pembelajaran yang dominan menghafal. Hal ini mempengaruhi ketertarikan siswa dalam belajar materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran IPS yang sesuai dengan karakterik siswa. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan Borg & Gall. Langkah penelitian ini, yaitu (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) validasi produk, (4) desain produk, (5) uji coba, dan (6) produk akhir. Dari hasil uji coba produk terdiri atas uji coba awal dan uji coba terbatas. Uji coba awal terdiri atas validasi ahli materi dan ahli media. Hasil validasi ahli materi mencapai 89% dan hasil validasi media mencapai 86%. Uji coba terbatas dilakukan kepada guru dan siswa. Hasil rata-rata angket kepraktisan guru dan siswa 86,45%. Hasil angket kemenarikan siswa 88,1%. Hasil evaluasi siwa 82%. Berdasarkan hasil diatas, media pembelajaran berbasis peta budaya telah praktis, menarik, dan efektif.

Published
2018-01-24
Section
Articles