PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERSERI DALAM KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TEMA KELUARGAKU SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KELUARGA KELAS 4 SDN JREBENG LOR 3 KOTA PROBOLINGGO

  • Ribut Prastiwi Sriwijayanti
  • Abdul Basit
  • Antien Ninda Sari

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa media gambar berseri berbasis saintifik pada tema keluargaku subtema kebersamaan dalam keluarga kelas IV SD yang mempunyai tingkat kevalidan, keterterapan, dan keterbacaan. Model pengembangan media gambar berseri dalam keterampilan Berbahasa Indonesia di modifikasi dari Borg & Gall (1983:775) menjadi 6 tahap, yaitu : (1) pengumpulan informasi : observasi awal, angket siswa, wawancara dengan guru, (2) perencanaan : analisis isi (SK dan KD), menentukan penilaian autentik, (3) pengembangan produk: Media Gambar Berseri,(4) validasi ahli: validasi ahli materi, validasi ahli media, (5) uji coba lapangan: uji coba pada guru dan siswa, serta pengumpulan data keterterapan dan keterbacaan, (6)produk akhir: menghasilkan penilaian autentik pada pembelajaran Bahasa Indonesia siap pakai.Hasil validasi ahli dan uji coba lapangan merupakan data yang paling penting untuk merevisi produk agar lebih sempurna. Berdasarkan hasil uji ahli media pembelajaran di peroleh nilai sebesar 83% yaitu nilai tersebut valid saran dan ahli media pembelajaran yaitu penggunaan media gambar berseri, menggunakan gambar yang real atau nyata sehingga tampilan lebih menarik dan gambar tidak pecah. Hasil uji ahli materi atau isi mendapatkan hasil 73% termasuk dalam kualifikasi cukup valid, sehingga hanya memerlukan revisi kecil. Saran dari ahli materi revisi yang dilakukan berkaitan dengan RPP yang penggunaan gambar berseri harus lebih menarik dan di perbanyak.Pada hasil uji coba lapangan menyatakan bahwa penilaian memiliki keterterapan memperoleh skor 96% dengan kategori Sesuai, sedangkan hasil keterbacaan memperoleh skor 92% dengan kategori skor. Dari seluruh hasil yang didapatkan angka mencapai valid sudah tercapai dan penilaian peserta didik mulai meningkat.

Published
2018-07-26