PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENEMUKAN PIKIRAN POKOK TEKS AGAK PANJANG MELALUI MODEL COOPERATIVE TERPADU MEMBACA DAN MENULIS (CIRC) PADA SISWA KELAS IV SDN LECES I KECAMATAN LECES TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • Sulastri Sulastri

Abstract

Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian tindakan Kelas atau School Action Research (SAR). Penelitian tindakan memiliki karakteristik-karakteristik yang bersifat partisipatif. Penelitian ini juga bersifat kolaboratif, artinya dilakukan  bersama-sama peneliti guru pengamat mulai dari  proses perencanaan tidakan observasi dan refleksi.

Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Menemukan pikiran pokok teks agak panjang melalui Model Cooperatif Terpadu Membaca dan Menulis (CIRC) pada Siswa Kelas IV SDN Leces I Kecamatan Leces dengan jumlah sampel semua siswa sebanyak 23 siswa.

                Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus dengan menggunakan instrument kegiatan guru instrument kegiatan siswa, serta instrument indikator keberhasilan pencapaian kompetensi hasil belajar siswa.

                Hasil penelitian dengan menggunakan Model Cooperatif Terpadu Membaca dan Menulis (CIRC) pada Siswa Kelas IV SDN Leces I Kecamatan Leces dengan memperhatikan langkah-langkah pembelajaran yang tepat maka dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar dan  mengelola pembelajaran bagi guru serta adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus  ke siklus berikutnya, secara klasikal tingkat ketuntasannya mencapai 87,50% lebih besar dari persentase ketuntasan yang dikehendaki klasikal yaitu sebesar 85,00%, berarti pembelajaran berjalan dengan baik dan hasil belajara siswa meningkat dengan baik.         

Untuk itu disarankan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar hendaknya memilih metode yang tepat seperti model cooperatif terpadu membaca dan menulis (CIRC) agar hasil belajar serta kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik.

Published
2022-07-29