PENTINGNYA PENERAPAN MERDEKA BELAJAR PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
Abstract
Pengertian pendidikan adalah usaha sadar dan proses terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik dapat secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Tujuan pendidikan secara umum dapat disimpulkan sebagai usaha membentuk karakter diri individu melalui proses tertentu yang tersistematis dan terencana. Pembentukan karakter yang baik haruslah dimulai sejak Anak Usia dini ( Golden Age ), karena Pendidikan pada Anak Usia Dini inilah individunya mudah dan cepat untuk mempelajari suatu hal yang baru. Dalam proses pembentukan karakter ini hendaklah menggunakan suasana Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan tanpa adanya tekanan sehingga individunya dapat berkembang sesuai bakat dan minat yang diinginkan tanpa adanya unsur paksaan. Karena arti dari merdeka Belajar itu sendiri adalah bebas dari tekanan, dan paksaan, dan sebagainya. makalah ini bertujuan untuk mengetahui keadaan Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Probolinggo sudahkan keadaan dilapangan selaras dengan semangat merdeka belajar, ditinjau dari segi isi materi dan tata cara penyampaian materi Pendidikan Anak Usia Dini. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif yang menjadikan sampel lembar observasi sebagai data yang diolah untuk mengetahui dan menjawab pertanyaan yang ada. Hasil penelitian ini berdasarkan nilai yang ada pada lembar observasi menunjukan bahwa pembelajaran anak usia dini selama ini kurang mengedepankan aspek yang mengarah kepada semangat merdeka belajar.