PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVELEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL SEMESTER 1 KELAS VII A SMP NEGERI 3 GADING TAHUN PELAJARAN 2017/2018

  • Tentrem Sri Rahayu

Abstract

Abstrak. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Persamaan Linear Satu Variabel Semester 1 Kelas VII A SMP Negeri 3 Gading Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw pada materi Persamaan Linear Satu Variabel dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VII A SMP Negeri 3 Gading dalam mata pelajaran matematika khususnya pada materi pokok Persamaan Linear Satu Variabel dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penerapannya melalui 3 siklus, yaitu: pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada pra siklus peneliti melakukan wawancara dengan guru tentang pembelajaran matematika yang diterapkan di kelas VII A, dalam pembelajarannya masih menggunakan metode konvensional yang mana dalam metode tersebut guru masih sangat dominan dalam proses pembelajaran. Hal ini yang menyebabkan siswa pasif dalam kegiatan pembelajaran dan aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran menjadi tidak maksimal, dampaknya siswa kurang memahami materi pelajaran yang secara tidak langsung menyebabkan hasil belajar siswa tidak maksimal pula. Hal ini dibuktikan dengan nilai tes siswa yang masih banyak dibawah KKM (Kriteria Kelulusan Minimum) yang ditentukan pihak sekolah yaitu 75. Pada pra siklus, peneliti mendapatkan data hasil belajar siswa pada tahun pelajaran 2016/2017 nilai rat-rata kelas 71,28 dengan ketuntasan belajar klasikal 67,85%. Dari latar belakang inilah peneliti menawarkan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A.....

Published
2022-07-29