PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN JORONGAN I KECAMATAN LECES KABUPATEN PROBOLINGGO

  • Nanik Irawati

Abstract

Artikel ini berdasarkan hasil penelitian yang bertujuan untuk meningkatan hasil belajar Tema Indahnya Keragaman di Negeriku pada kelas IV SDN Jorongan I Kecamatan Leces melalui model pembelajaran Make a Match.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengum­pulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Melalui Penrapan Model Pembelajaran Make A Match pada siswa kelas IV SDN Warujinggo I Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus masing-masing terdiri dari satu pertemuan. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengum­pulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, tes, dan angket respon siswa.

            Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Tema Indahnya Keragaman di Negeriku melalui model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Jorongan I Kecamatan Leces. Untuk itu diharapkan guru menggunakan model pembelajaran Make a Match dalam pembelajaran Tematik sehingga siswa lebih ter­tarik untuk mengikuti pembelajaran dan memperoleh hasil yang maksimal.

Published
2022-07-29