MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SERTA KOMPETENSI MENULIS REPORT TEXT MELALUI PENERAPAN METODE FIELD TRIP DALAM PADA SISWA KELAS IXD SMP NEGERI 3 GADING TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1). Mendeskripsikan peningkatan kualitas pembelajaran serta kemampuan menulis siswa kelas Kelas IX SMP Negeri 3 Gading Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan menerapkan metode field trip (berkunjung ke lingkungan sekitar. 2).Mendeskripsikan penerapan metode field trip (berkunjung ke lingkungan sekitar) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan menulis siswa Kelas IXD SMP Negeri 3 Gading Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research. Simpulan dari penelitian ini, yaitu: (1) penerapan metode field trip (berkunjung ke lingkungan sekitar) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran menulis. Hal ini ditandai dengan prosentase keaktifan, perhatian, konsentrasi, minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran menulis yang mengalami peningkatan dalam tiap siklusnya; (2) penerapan metode field trip (berkunjung ke lingkungan sekitar) dapat meningkatkan kemampuan menulis. Hal ini ditandai dengan nilai menulis siswa yang mengalami peningkatan pada tidap siklusnya. Pada siklus I nilai/ skor terendah siswa adalah dan nilai tertinggi siswa adalah. Sedangkan pada siklus II nilai/skor terendah siswa adalah dan nilai tertinggi siswa.