METODE BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) DAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Nurul Saila
  • Uswatun Hasanah
  • Nur Hidayati

Abstract

Metode Blended Learning Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Di Masa Pandemi Covid-19. Artikel ini membahas tentang metode pembelajaran yang efektif dan juga efisien dalam fenomena yang terjadi saat ini yaitu pandemic Covid-19. Karena adanya fenomena tersebut membuat pembelajaran di sekolah menjadi terhambat. Dengan kondisi tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pembelajaran yang cocok untuk digunakan pada masa pandemic Covid-19 salah satunya adalah Blended Learning. Ciri khusus metode pembelajaran Blended Learning adalah menggunakan dua pendekatan sekaligus. Dalam artian, metode ini menggunakan sistem online sekaligus tatap muka melalui video converence. Kajian ini berupa studi literature yang dikenal juga dengan library research. Untuk menemukan kesimpulan dalam kajian ini , penulis menggunakan model Miles dan Huberman dalam menganalisis data yaitu melalui empat tahapan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan PTMT sekaligus PJJ, Pendidik (guru) dapat menerapkan metode pembelajaran yang dinilai paling efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik adalah metode pembelajaran Blended Learning, Karena metode pembelajaran Blended learning adalah sebuah metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara menggabungkan, mencampurkan, mengkombinasikan sistem pendidikan konvensional dengan sistem  pendidikan berbasis digital. Jadi, meskipun pendidik dan peserta didik melakukan pembelajaran dari jarak jauh, keduanya masih bisa berinteraksi satu sama lain,  Metode ini sudah mulai dirancang dan diterapkan awal abad ke-21. Namun, seiring dengan merebaknya wabah Covid-19, metode yang satu ini dikaji lebih dalam lagi karena....

Published
2022-07-29