UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGENAL PECAHAN SEDERHANA DENGAN METODE RME PADA SISWA KELAS III SDN PATALAN III WONOMERTO
Abstract
Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mengenal Pecahan Sederhana dengan Metode RME pada Siswa Kelas III,SDN Patalan III ,Wonomerto dengan jumlah sampel semua siswa kelas III sebanyak 18 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus dengan menggunakan instrument kegiatan guru,instrumen kegiatan siswa, serta instrument indicator keberhasilan pencapaian kompetensi hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa,aktivitas kegiatan mengajar guru (peneliti) dan peningkatan hasil belajar siswa Untuk itu disarankan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar hendaknya memilih metode yang tepat seperti Realistik Matematik Education (RME) agar hasil belajar serta kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik.