UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED INSTRUCTION
Abstract
Mata Kuliah Statistika Industri 2 merupakan mata kuliah wajib yang harus dipelajari oleh mahasiswa Program Studi Teknik Logistik. Model pembelajaran yang pernah diterapkan untuk pokok bahasan pengujian hipotesis adalah model pembelajaran behavioristik, yaitu direct instruction. Namun, hasil penilaian yang diperoleh kurang memuaskan. Hal tersebut disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang tepat. Pokok bahasan pengujian hipotesis ini merupakan pokok bahasan yang sangat penting dalam melakukan suatu penelitian. Mahasiswa akan menerapkan pokok bahasan ini ketika membuat tugas akhir. Mahasiswa diharapkan dapat memahami pokok bahasan ini dengan baik, sehingga mereka dapat menganalisis suatu masalah dan memperoleh kesimpulan dengan tepat. Oleh karena itu, kemampuan analisis mahasiswa perlu ditingkatkan dengan menggunakan model belajar project based instruction. Tujuan penelitian yang akan dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based instruction terhadap pokok bahasan pengujian hipotesis. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan inferensia. Statistika deskriptif yang digunakan di antaranya penyusunan tabel, ukuran pemusatan, dan ukuran keragaman. Analisis inferensia yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji selisih rata-rata untuk dua sampel yang saling bebas dan uji rata-rata selisih dua sampel yang tidak saling bebas. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based instruction dapat meningkatkan kemampuan analisis mahasiswa secara efektif terhadap materi pengujian hipotesis baik satu sampel maupun dua sampel.