PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS DAN HASIL BELAJAR TEMA LINGKUNGAN BERSIH SEHAT DAN ASRI PADA SISWA KELAS I

  • Nur Subaidah

Abstract

Artikel ini berdasarkan hasil penelitian yang bertujuan untuk meningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa pada tema Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri pada siswa  kelas I SDN Paiton melalui penerapan strategi pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengum­pulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan tes.

            Rata-rata nilai yang di dapat siswa pada siklus I mencapai 71,4 sedangkan pada siklus II mencapai 86,8. Sedangkan presentase ketuntasan yang dicapai yaitu pada siklus I mencapai 55% dan siklus II mencapai 86%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tema Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri melalui penerapan strategi pembelajaran tematik dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas I SDN Paiton Kabupaten Probolinggo. Untuk itu diharapkan guru menerapkan strategi pembelajaran tematik dalam pembelajaran sehingga siswa lebih ter­tarik untuk mengikuti pembelajaran dan memperoleh hasil yang maksimal.

Published
2023-01-30