MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING DENGAN MENERAPKAN PERMAINAN KARTU KATA PADA SISWA KELAS I SD NEGERI MARON WETAN I KECAMATAN MARON KABUPATEN PROBOLINGGO

  • Juma'idah Juma'idah

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca siswa. Adapun rumusan masalahnya bagaimanakah penerapan permainan kartu kata untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas I SD Negeri Maron Wetan I Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan permainan kartu kata untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas I SD Negeri Maron Wetan I Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan permainan kartu kata dan kemampuan membaca nyaring. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan seluruh siswa kelas I SD Negeri Maron Wetan I Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo yang berjumlah 25 orang pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang dicapai pada siklus I yaitu berada pada kategori cukup dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas I SD Negeri Maron Wetan I Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo.

  Kata Kunci: permainan kartu kata, kemampuan membaca, membaca nyaring
Published
2023-01-30