PENINGKTAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NHT (Numbered Head Together) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TEGALSIWALAN I

  • Rachmawati Rachmawati

Abstract

Artikel hasil penelitian tindakan kelas  ini disusun dengan tujuan  untuk meningkatan hasil belajar matematika tentang pecahan pada siswa kelas V SDN Tegalsiwalan I Kecamatan Tegalsiwalan  melalui model pembelajaran NHT (Numbered Head Together).Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap  siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengum­pulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, tes, dan angket respon siswa.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika tentang pecahan melalui model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Tegalsiwalan I Kecamatan Tegalsiwalan . Untuk itu diharapkan guru menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dalam pembelajaran matematika sehingga siswa lebih ter­tarik untuk mengikuti pembelajaran dan memperoleh hasil yang maksimal.

Kata kunci : hasil belajar, model pembelajaran NHT (Numbered Head Together)

Published
2023-01-21