PENINGKTAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NHT (Numbered Head Together) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TEGALSIWALAN I
Abstract
Artikel hasil penelitian tindakan kelas ini disusun dengan tujuan untuk meningkatan hasil belajar matematika tentang pecahan pada siswa kelas V SDN Tegalsiwalan I Kecamatan Tegalsiwalan melalui model pembelajaran NHT (Numbered Head Together).Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, tes, dan angket respon siswa.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika tentang pecahan melalui model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Tegalsiwalan I Kecamatan Tegalsiwalan . Untuk itu diharapkan guru menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dalam pembelajaran matematika sehingga siswa lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran dan memperoleh hasil yang maksimal.
Kata kunci : hasil belajar, model pembelajaran NHT (Numbered Head Together)