UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN SISWA DALAM MENGGALI INFORMASI DARI TEKS CERITA MELALUI MODEL COOPERATIVE TERPADU MEMBACA DAN MENULIS DI KELAS IV

  • Sri Wenny

Abstract

Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian tindakan Kelas  atau School Action Research (SAR). Penelitian tindakan memiliki karakteristik-karakteristik yang bersifat partisipatif. Penelitian ini juga bersifat kolaboratif, artinya dilakukan  bersama-sama peneliti guru pengamat mulai dari  proses perencanaan tidakan observasi dan refleksi.

Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Ketrampilan Siswa dalam Menggali Informasi dari Teks Cerita  melalui Model Cooperatif Terpadu Membaca dan Menulis (CIRC) di Kelas IV SDN Kalisalam  II ,Kecamatan Dringu  .  Denngan jumlah sampel semua siswa kelas IV sebanyak 22 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus dengan menggunakan instrument kegiatan guru,instrumen kegiatan siswa, serta instrument indicator keberhasilan pencapaian kompetensi hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa,aktivitas kegiatan mengajar guru (peneliti) dan peningkatan hasil belajar siswa. Untuk itu disarankan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar hendaknya memilih metode yang tepat seperti model cooperatif terpadu membaca dan menulis (CIRC) agar hasil belajar serta kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik.

Kata kunci               : cooprtaive terpadu (CIRC) ,keterampilan,menggali informasi

Published
2023-01-30