PENGGUNAAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PENULISAN ISI CERITA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDN SEKARKARE
Abstract
Artikel hasil penelitian tindakan kelas ini disusun dengan tujuan mendeskripsikan Penggunaan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Penulisan Isi Cerita Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sekarkare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, tes, dan angket respon siswa.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan. Bahwa dengan menggunakan metode Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan mampu menulis tata bahasa dan tanda bacanya dengan baik dan benar sesuai EYD, untuk itu disarankan agar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan metode yang bervariasi diantaranya dengan metode Inkuiri.