EFEKTIVITAS MODEL FLIPPED CLASSROOM DI SD NEGERI LAWEYAN II SUMBERASIH KABUPATEN PROBOLINGGO

  • Agustin Nur Laili
  • Shofia Hattarina

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Efektivitas Model Flipped Classroom Di SD Negeri Laweyan II Sumberasih Kabupaten Probolinggo, meliputi Dampak pandemi Corona virus Disease 2019 (Covid-19) masih berkepanjangan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Era Industri 4.0. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu dengan menggunakan instrumen berupa tes, deskriptor lakuan, rubrik penilaian, catatan lapangan, dan pedoman wawancara. Data penelitian berupa skor kemampuan guru kelas dengan menggunakan analisis statistik untuk membuktikan hipotesis alternatif adanya efektivitas signifikan penggunaan Model Flipped Classroom terhadap pembelajaran dikelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat efektivitas yang signifikan dalam penggunaan Model Flipped Classroom terhadap pembelajaran terhadap siswa motivasi belajarnya sangat tinggi, kreativitasnya meningkat, tanggungjawab meningkat, siswa lebih aktif dalam PBM di kelas, dan nilai akademiknya lebih baik.

Kata kunci: Penggunaan kostum, Penggunaan Properti, Kemampuan bermain peran

Published
2023-01-30