PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM MEMAHAMI HAK, KEWAJIBAN DAN TANGGUNG JAWAB SEBAGAI WARGA NEGARA MELALUI METODE SAVI PADA SISWA KELAS VI SDN MUNENG LERES I KECAMATAN SUMBERASIH KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Abstract
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas atau School Action Research (SAR). Penelitian tindakan memiliki karakteristik-karakteristik yang bersifat partisipatif. Penelitian ini juga bersifat kolaboratif, artinya dilakukan bersama-sama peneliti dan guru pengamat mulai dari proses perencanaan, tidakan, observasi dan refleksi.
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Peningkatan Hasil Belajar Dalam Memahami Hak, Kewajiban Dan Tanggung Jawab Sebagai Warga Negara Melalui Metode Savi Pada Siswa Kelas VI A SDN Muneng Leres I Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan jumlah sampel sebanyak 24 siswa.
Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus yang pelaksanaannya dibantu oleh teman sejawat dengan menggunakan instrumen kegiatan siswa, instrument indikator keberhasilan pencapaian kompetensi sikap dan hasil belajar siswa.
Perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan hasil belajar siswa agar dapat lebih memahami materi pelajaran hak, kewajiban dan tanggung jawab warga negara. Rumusan masalah yang dihadapi adalah bagaimana cara seorang guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Somatic, Auditori, Visual dan Intelektual (SAVI). Diharapkan nantinya dengan metode tersebut siswa lebih mudah memahami terhadap materi yang disampaikan terutama materi yang banyak berisikan aktivitas membaca dan menghafal. Oleh sebab itu nantinya guru bisa menggunakan cara yang lebih efektif dalam menyampaikan materi kepada siswa, jadi tidak hanya monoton berceramah selalu, guru bisa menggunakan berbagai macam metode yang baik untuk menyampaikannya secara baik kepada siswa. (Selengkapnya dalam artikel)
Kata Kunci : hak, kewajiban dan tanggung jawab warga negara, metode SAVI, hasil belajar