UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGENAL JENIS-JENIS PEKERJAAN DENGAN METODE COOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS III SDN POHSANGIT LOR II WONOMERTO
Abstract
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian tindakan Kelas atau School Action Research (SAR). Penelitian tindakan memiliki karakteristik-karakteristik yang bersifat partisipatif. Penelitian ini juga bersifat kolaboratif, artinya dilakukan bersama-sama peneliti guru pengamat mulai dari proses perencanaan tidakan observasi dan refleksi. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mengenal Jenis-Jenis Pekerjaan dengan Metode Cooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas III,SDN Pohsangit Lor II ,Wonomerto dengan jumlah sampel semua siswa kelas III sebanyak 19 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus dengan menggunakan instrument kegiatan guru,instrumen kegiatan siswa, serta instrument indicator keberhasilan pencapaian kompetensi hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa,aktivitas kegiatan mengajar guru (peneliti) dan peningkatan hasil belajar siswa. Untuk itu disarankan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar hendaknya memilih metode yang tepat seperti Cooperatif Tipe STAD agar hasil belajar serta kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik