PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU HURUF SISWA KELAS I SD NEGERI TAROKAN KECAMATAN BANYUANYAR KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2021-2022
Abstract
Berdasarkan hasil observasi pratindakan kemampuan menulis permulaan siswa kelas I SDN Tarokan masih rendah, di sebabkan oleh (1) siswa belum hafal abjad, (2) siswa kurang memahami merangkai suku kata menjadi kata, (3) siswa kesulitan menulis kata yang mengandung konsonan di tengah. Prosedur penelitiannya adalah (1) persiapan, (2) pelaksanaan, (3) observasi,(4) refleksi.Analisis data dilakukan selama dan sesudah pembelajaran pada setiap siklus. Penggunaan media kartu huruf dalam proses pembelajaran agar anak mudah menghafal abjad, anak mudah memahami merangkai suku kata menjadi kata, dan anak dapat menuliskan kata yang mengandung konsonan di tengah. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai 45% siswa yang antusia mengikuti kata-kata yang didiktekan guru, 50% siswa yang mandiri dalam menulis kata-kata yang didiktekan guru, 23% siswa yang cepat dalam menulis kata-kata yang didiktekan guru. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I1 mencapai 86% siswa yang antusia mengikuti kata-kata yang didiktekan guru, 82% siswa yang mandiri dalam menulis kata-kata yang didiktekan guru, 77% siswa yang cepat dalam menulis kata-kata yang didiktekan guru.
Kata Kunci: Peningkatan, kemampuan, menulis permulaan, media kartu huruf.