KOMPETENSI SOSIAL, KECERDASAN EMOSIONAL GURU DAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU
Abstract
Dalam penelitian ini dirumuskan permasalahan dibagai berikut : (1). Apakah terdapat pengaruh kompetensi sosial guru terhadap kinerja guru Taman Kanak-Kanak Gugus I Kecamatan Banyuanyar ?, (2) Apakah terdapat pengaruh kecerdasan emosional guru terhadap kinerja guru Taman Kanak-Kanak Gugus I Kecamatan Banyuanyar ?, (3) Apakah terdapat pengaruh efektivitas komunikasi kepala sekolah terhadap kinerja guru Taman Kanak-Kanak Gugus I Kecamatan Banyuanyar?, (4) Apakah terdapat secara bersama-sama pengaruh kompetensi sosial, kecerdasan emosional guru dan efektivitas komunikasi kepala sekolah terhadap kinerja guru Taman Kanak-Kanak Gugus I Kecamatan Banyuanyar ? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh kompetensi sosial, kecerdasan emosional guru dan efektivitas komunikasi kepala sekolah terhadap kinerja guru Taman Kanak-Kanak Gugus I Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkanbahwa ada secara bersama-sama pengaruh kompetensi sosial, kecerdasan emosional guru dan efektivitas komunikasi kepala sekolah terhadap kinerja guru Taman Kanak-Kanak Gugus I Kecamatan Banyuanyar sebesar 26,9% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Artinya Kinerja Guru TK 26,9% itu dipengaruhi oleh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesionalisme Guru. Sedangkan yang 73,1% dipengaruhi faktor lain di luar variabel tersebut.