MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN ALAT UKUR DALAM PEMECAHAN MASALAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN RME SDN TIGASAN KULON II

  • Tri Susilowati

Abstract

 Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas atau PTK. Penelitian tindakan memiliki karakteristik yang bersifat partisipatif. Penelitian ini juga bersifat kolaboratif, artinya dilakukan  bersama-sama antara peneliti dan guru mulai dari  proses perencanaan tidakan observasi dan refleksi.

Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Alat Ukur dalam Pemecahan masalah dengan Model Pembelajaran RME pada Siswa Kelas VI SD Negeri Tigasan Kulon II Kecamatan Leces Probolinggo Tahun Pelajaran 2021/2022. Dengan jumlah sampel semua siswa Kelas VI sebanyak 6 siswa.

Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus tiap siklus dua pertemuan. Siklus I petemuan pertama tanggal 16 Februari 2022 dan pertemuan kedua tanggal 19 Februari 2022. Siklus II petemuan pertama tanggal 7 Maret 2022 dan pertemuan kedua tanggal 10 Maret 2022  dengan menggunakan instrument kegiatan siswa dan  instrumen kegiatan guru dalam pembelajaran, serta instrument hasil belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dan II, capaian ketuntasannya mencapai 95,00% lebih besar dari prosentase ketuntasan yang dikehendaki klasikal yaitu sebesar 85%. Peningkatan Persentase hasil belajar siswa sangat dipengaruhi oleh peningkatan kegiatan belajar siswa dan peningkatan kegiatan guru (peneliti) dalam pembelajaran. Dari simpulan penelitian ini adalah  Model Pembelajaran RME dapat Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Alat Ukurdalam Pemecahan Masalah  pada Siswa Kelas VI SD Negeri Tigasan Kulon II Kecamatan Leces Probolinggo Tahun Pelajaran 2021/2022.

Saran dalam penelitian ini adalah agar dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan maka sebagai guru hendaknya pandai-pandai memilih metode dan strategi agar proses dan hasil belajar menjadi lebih maksimal.

Published
2022-07-29