PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MAPEL IPS KELAS VII SMPN 1 GENDING

  • Titik Isbandiyah

Abstract

Berdasarkan data hasil belajar IPS siswa kelas VII yang menunjukkan bahwa prestasi siswa pada mata pelajaran IPS masih rendah. Penyebab rendahnya prestasi belajar siswa dapat diidentifikasi antara lain karena pembelajaran yang masih monoton sehingga hanya hafal tetapi tidak mengerti/paham terhadap materi pembelejaran. Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah sebuah metode yang dirancang dengan aktif belajar menemukan sendiri apa yang dipelajari. Secara umum penelitian ini bertujuan 1). Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada kualitas proses dan hasilĀ  belajar IPS belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gending Kecamatan Gending melalui penggunaan metode Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada masing-masing siklus terdiri dua pertemuan dan dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian menggunakan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gending Kecamatan Gending yang berjumlah 25 siswa. Peneitian dilaksanakan mulai bulan Januari sampai April 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaaan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 1 Gending Kecamatan Gending dapat menigkatkan prestasi belajar siswa yang diamati pada kualitas proses dan hasil belajar siswa. Menurut siswa penggunaan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) menyenangkan dan tidak membosankan.

Published
2022-07-29