MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENANGGAPI (MENGKRITIK ATAU MEMUJI) SECARA LISAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STAD PADA MAPEL BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMPN 1 GENDING

  • Luluk Yuli Suliastuti

Abstract

Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas  atau Clasroom Action Research (CAR). Penelitian tindakan memiliki karakteristik-karakteristik yang bersifat partisipatif. Penelitian ini juga bersifat kolaboratif, artinya dilakukan  bersama-sama peneliti guru pengamat mulai dari  proses perencanaan, tidakan, observasi dan refleksi. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah “Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Menanggapi (Mengkritik atau Memuji) secara Lisan dengan  Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas VII  SMPN 1 Gending Kecamatan Gending Tahun Pelajaran 2018/2019” dengan jumlah sampel semua siswa Kelas VII  sebanyak 31 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus dengan menggunakan instrument kegiatan siswa dan  instrumen kegiatan guru dalam pembelajaran, serta instrument hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dan II, capaian ketuntasannya mencapai 89,29% lebih besar dari prosentase ketuntasan yang dikehendaki klasikal yaitu sebesar 85,81%. Peningkatan Persentase hasil belajar siswa sangat dipengaruhi oleh peningkatan kegiatan belajar siswa dan peningkatan kegiatan guru (peneliti) dalam pembelajaran. Untuk itu disarankan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar hendaknya memilih metode yang tepat seperti Model Pembelajaran Kooperatif  Tipe STAD agar hasil belajar serta kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik.

Published
2022-07-29