PENGGUNAAN MODEL FOUR D DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN PADA MAHASISWA STKIP PGRI TULUNGAGUNG

  • Ria Fajrin Rizqy Ana

Abstract

Guru yang berkualitas adalah guru yang memiliki kemampuan profesional yang memadai dalam hal merencanakan dan mengelola kegiatan belajar mengajar serta menilai hasil belajar mahasiswa. Oleh karena itu, mata kuliah perencanaan pembelajaran yang merupakan sebaran dari kompetensi tersebut sangat diperlukan. Dalam mengembangkan bahan ajar mata kuliah Perencanaan Pembelajaran menggunakan model Four D (4D). Pemilihan model ini berdasarkan pertimbangan, model 4D berpijak pada pendekatan konstruktivis yang berbeda dengan model desain lainnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Meningkatkan motivasi mahasiswa pada mata kuliah perencanaan pembelajaran, (2) Memudahkan mahasiswa dalam mencari referensi terkait dengan mata kuliah perencanaan pembelajaran, dan (3) Memberikan alternatif bahan ajar untuk memfasilitasi dosen dalam menyampaikan materi perencanaan pembelajaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4D. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester 4 program studi PGSD STKIP PGRI Tulungagung. Instrumen yang digunakan yaitu angket untuk ahli materi, ahli media, dan angket audiensi. Hasil penelitian menunjukkan dari ahli media diperoleh skor 112 dengan prosentase 93,3% termasuk kriteria valid. Ahli materi diperoleh skor 38 dengan prosentase 95% termasuk kriteria valid. Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi dan ahli media, disimpulkan buku ajar layak untuk digunakan dengan revisi. Setelah dilakukan revisi, buku ajar diujicobakan secara perorangan, kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Uji coba perorangan yaitu tiga mahasiswa PGSD STKIP PGRI Tulungagung. Kemudian uji coba kelompok kecil yaitu 12 mahasiswa dan uji coba lapangan yaitu 37 mahasiswa semester IV kelas B Prodi PGSD STKIP PGRI Tulungagung.

Published
2018-09-11