MELALUI SUPERVISI KOLEGIAL UNTUK PENGEMBANGAN PJBL DENGAN MEDIA LKIS DI SD NEGERI SE-KECAMATAN WONOMERTO
Abstract
Menginternalisasikan atau menanamkan pribadi nilai-nilai Islam merupakan salah satu penanaman Pendidikan Agama Islam serta pengembangan anak didik agar mampu melakukan pengamalan nilai-nilai itu secara dinamis dan fleksibel dalam batas-batas konfigurasi idealis wahyu Allah SWT. Strategi dan metode pembelajaran yang menyenangkan, kontekstual, dan bermakna perlu dimiliki guru profesional. Sebagian pelaksanaan model PjBL belum menunjukkan peningkatan kinerja yang maksimal. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk: Mendeskripsikandan menganalisis efektivitas model prosedural dan konseptual dari pengembangan Project Based Learning (PjBL) media LKIS KKG Pendidikan Agama Islam Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo. Spesifikasi Produk yang diharapkan dari penelitian ini mencakup : Program PjBL., Rencana penyusunan Lembar Kegiatan Ibadah Siswa (LKIS)., Strategi PjBL, Instrumen Ujicoba LKIS, dan Alat evaluasi pengembangan PjBL. Dalam penelitian ini, kami mengadaptasi sebagian besar langkah-langkah yang diajukan oleh Borg,W.R. & Gall,M.D. (1983). Langkah-langkah yang akan dilakukan dalam penelitian ini secara urut adalah: 1). Menganalisis kebutuhan ibadah, 2). Mengembangkan produk awal, 3).Melakukan validasi ahli, 4),Melakukan revisi produk awal, 5). Melaksanakan uji coba lapangan, 6). Melakukan revisi produk final, dan 7). Penyebaran produk finalBerdasarkan analisis dari hasil ujicoba perorangan, kelompok kecil, kelompok besar dan ujicoba, diperoleh rata-rata skor dari penilaian responden sebesar 83,34 Hal ini berarti kualitas produk pengembangan model PjBL dengan media LKIS termasuk katagori baik...Pada kesempatan lain perlu ada penelitian tentang pengembangan strategi, atau media pembelajaran dengan respondennya adalah siswa yang lain. Perlu terus ada upaya peningkatan keimanan, amal shaleh dalam upaya peningkatan ketaqwaan pada Allah.