IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SDN MANGUNHARJO I KOTA PROBOLINGGO
Abstract
Sekolah SDN Mangunharjo I Kota Probolinggo telah melaksanakan Gerakan Literasi oleh semua kelas dari kelas rendah maupun kelas tinggi dalam meningkatkan minat baca siswanya. Sekolah ini juga terbagi antara Literasi Kelas dan Literasi Perpustakaan. Sekolah ini juga terdapat pojok kelas baca serta lingkungan yang kaya akan literasi, juga memiliki perpustakaan yang representatif serta memotivasi agar anak tidak hanya terpaku membaca buku teks pelajaran, melainkan membaca buku non teks pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan implementasi gerakan literasi sekolah pada tahap pembiasaan, 2) Mendeskripsikan implementasi gerakan literasi sekolah pada tahap pengembangan, 3) Mendeskripsikan implementasi gerakan literasi sekolah pada tahap pembelajaran dalam meningkatkan minat baca siswa di SDN Mangunharjo I Kota Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi fenomenologi. Metode penentuan subjek menggunakan purpossive dan snowball. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, dan analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian ini: Pertama, tahap pembiasaan yaitu Kegiatan membaca 15 menit dengan nyaring atau didalam hati. Kedua, tahap pengembangan yaitu membaca 15 menit sebelum pelajaran. Ketiga, tahap pembelajaran yang sudah dilaksanakan di SDN Mangunharjo I Kota Probolinggo yaitu buku pengayaan yang digunakan dalam semua mata pelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, implementasi gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa di SDN Mangunharjo 1 Kota Probolinggo terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pembiasaan, pengembangan, dan tahap pembelajaran.
Kata Kunci: Upaya literasi sekolah, Minat baca siswa