PENINGKATAN HASIL BELAJAR BANGUN DATAR MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS V SDN GLAGAH II KECAMATAN PAKUNIRAN KABUPATEN PROBOLINGGO
Abstract
Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengtahui peningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal bangun datar melalui media demonstrasi pada siswa kelas V SDN Glagah II Kecamatan Pakuniran Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan tes siswa. Hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut: pada pratindakan ketuntasan belajar klasikal siswa kelas V SDN Glagah II Kecamatan Pakuniran Kabupaten Probolinggo memperoleh presentase sebesar 12% dengan rata-rata 63,23, pada siklus I rata-rata presentase ketuntasan belajar klasikal siswa kelas V SDN Glagah II Kecamatan Pakuniran Kabupaten Probolinggo meningkat menjadi 52% dengan rata-rata 68,23 dan siklus II meningkat kembali menjadi 100% dengan rata-rata 85,57. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika materi bangun datar dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Glagah II Kecamatan Pakuniran Kabupaten Probolinggo. Untuk itu diharapkan guru menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran matematika sehingga siswa lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran dan memperoleh hasil yang maksimal..