MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENJAWAB DAN MENGAJUKAN PERTANYAAN TENTANG ISI TEKS AGAK PANJANG MELALUI MODEL COOPERATIVE TERPADU MEMBACA DAN MENULIS DI KELAS III SD NEGERI KEDUNGSUPIT I WONOMERTO

  • Syukur Syukur

Abstract

Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah Upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam menjawab dan mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang dengan model cooperatif terpadu membaca dan menulis (CIRC) di Kelas III SDN Kedungsupit I ,Kecamatan Wonomerto denngan jumlah sampel semua siswa kelas III sebanyak 30 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus dengan menggunakan instrument kegiatan guru,instrumen kegiatan siswa, serta instrument indicator keberhasilan pencapaian kompetensi hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa,aktivitas kegiatan mengajar guru (peneliti) dan peningkatan hasil belajar siswa. Untuk itu disarankan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar hendaknya memilih metode yang tepat seperti model cooperatif terpadu membaca dan menulis (CIRC) agar hasil belajar serta kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik.

Published
2018-09-11